Picture
1. Salah satu fungsi pewarna makanan adalah membantu membuat makanan lebih menarik selera. Selain itu, pewarna makanan dalam kemasan juga lebih praktis dan dapat ditemukan dalam berbagai jenis di pasar tradisional dan di supermarket.
2. Contoh pewarna buatan sendiri adalah daun suji yang dihaluskan dengan sedikit air kemudian diambil sarinya untuk memberikan warna hijau. Tetapi pewarna buatan sendiri tidak stabil dan warna tidak kuat dibandingkan dengan pewarna dalam kemasan. Selain itu, untuk mendapatkan warna yang diinginkan, dibutuhkan jumlah pewarna buatan sendiri yang lebih banyak serta waktu yang lebih lama dalam proses pembuatannya.


 
 
Picture
1. Didihkan air dan tambahkan garam.
2. Masukkan daun singkong yang telah dipetik daunnya dan dicuci bersih. Aduk rata agar semua daun terendam dan matang.
3. Angkat dan tiriskan, kemudian dapat diolah sesuai selera.

Daun singkong yang ditumbuk teksturnya lebih lembut tapi jika dimasukkan ke dalam masakan rasanya agak pahit dan warna masakannya berubah, sedangkan daun singkong yang direbus teksturnya agak keras tetapi rasa pahitnya berkurang dan warna masakan tidak berubah.


 
 
Picture
1. Kupas kulit luar kelapa yang berwarna coklat, cuci bersih.
2. Parut kelapa kemudian peras parutan kelapa dengan saringan sampai airnya habis (santan kental)
3. Jika ingin dibuat santan encer: ampas hasil saringan pertama ditambah- kan air dan ulangi langkah diatas 1 kali lagi

Santan instan lebih praktis dibandingkan santan buatan sendiri karena hanya tinggal menuangkan saja pada masakan, untuk santan bubuk terlebih dahulu ditambahkan air sebelum digunakan.

 
 
Picture
TIPS:

Ada dua cara untuk menyajikan brownies kukus yaitu,yang padat dibagian dalam atau yang meleleh dibagian dalam.
Cara agar mendapatkan hasil yang meleleh dibagian dalamnya adalah dengan mengukus brownies dengan api yang besar hingga matang. Sedangkan jika ingin padat dibagian dalamnya, kukus dengan api kecil hingga matang.
Proses pencampuran adonan brownies untuk hasil yang padat maupun yang meleleh dibagian dalamnya sama saja. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan hasil brownies yang mengembang dan legit, disarankan mencampur seluruh bahan keringnya terlebih dahulu seperti tepung terigu, soda kue, gula, garam, AJI-NO-MOTO®, coklat bubuk, baru kemudian bahan cairnya seperti minyak dan telur. Adonan lalu diaduk sampai benar-benar tercampur rata.

INFO PRODUK:
- Ibu bisa membuat Brownies Kukus dengan cara yang praktis ala Dapur Umami. Paduan rasa umami dari AJI-NO-MOTO ® dengan adonan coklat membuat brownies kukus ini begitu lezat untuk dihidangkan dipenghujung tahun.

 
 
Picture
Anda bisa menghilangkan bau amis pada ayam dengan berbagai bahan rempah seperti jeruk, serai, bawang putih, jahe, dll.
Perasan jeruk adalah bahan yang paling umum untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam yang akan diolah. Adapun jenis jeruk yang bisa digunakan mulai dari jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk limo, atau pun jeruk manis yang biasa kita minum.
Selain jeruk ada berbagai bahan rempah yang bisa digunakan, antara lain serai, bawang putih, dan jahe. Jika ingin menggunakan bawang putih atau jahe sebaiknya bahan-bahan itu dicincang terlebih dahulu sebelum dioleskan ke ayam. Jika menggunakan serai, memarkan terlebih dahulu kemudian campurkan ke daging ayam yang akan diolah, diamkan beberapa menit lalu cuci bersih daging ayam untuk kemudian diolah sesuai selera.


 
 
Picture
Jika ibu ingin menyimpan tahu agar tidak basi dan tahan 7-10 hari, caranya adalah sebagai berikut:
- Cuci tahu dengan air bersih kemudian kukus tahu selama 10-15 menit.
- Siapkan wadah / tempat untuk menyimpan tahu (harus benar-benar bersih).Isilah wadah dengan air panas (estimasi banyaknya air harus bisa hingga tahu terendam) dan sedikit garam.
- Masukkan tahu yang sudah dikukus ke dalam wadah, hilangkan uap panasnya, kemudian simpan dalam lemari es.
- Esok harinya air rendaman diganti dengan air hangat tanpa garam, selanjutnya pergantian air dilakukan setiap hari maka tahu akan awet dan lezat dan juga siap untuk diolah dalam berbagai macam masakan.

 
 
Picture
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar adonan donat tidak gagal, antara lain : Urutan pencampuran bahan, waktu, dan suhu & kelembaban. 

1. Urutan pencampuran : Urutan pencampuran bahan berikut adalah urutan yang biasa dilakukan yaitu tepung terigu protein tinggi, ragi, gula, telur, minyak, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Ragi hanya akan bekerja dengan baik dalam adonan apabila tercampur dengan gula, namun jika ragi bercampur dengan garam secara langsung maka adonan akan bantat. Setelah seluruh bahan adonan tercampur rata dan kalis, adonan dibulatkan lalu didiamkan untuk proses fermentasi/ pengembangan. 
2. Waktu : Waktu yang diperlukan untuk fermentasi adalah ±35 - 45 menit (pada suhu ±27°C) namun lama-nya waktu fermentasi tergantung pada suhu ruang. 
3. Suhu dan kelembaban : Suhu ideal untuk fermentasi roti berkisar antara 30° - 40° Celcius dengan kelembaban 75% - 80%. Saat fermentasi sebaiknya ditutup dengan lap basah agar kelembabannya tetap terjaga dan agar adonan tidak kering dan keras.