Picture
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar adonan donat tidak gagal, antara lain : Urutan pencampuran bahan, waktu, dan suhu & kelembaban. 

1. Urutan pencampuran : Urutan pencampuran bahan berikut adalah urutan yang biasa dilakukan yaitu tepung terigu protein tinggi, ragi, gula, telur, minyak, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Ragi hanya akan bekerja dengan baik dalam adonan apabila tercampur dengan gula, namun jika ragi bercampur dengan garam secara langsung maka adonan akan bantat. Setelah seluruh bahan adonan tercampur rata dan kalis, adonan dibulatkan lalu didiamkan untuk proses fermentasi/ pengembangan. 
2. Waktu : Waktu yang diperlukan untuk fermentasi adalah ±35 - 45 menit (pada suhu ±27°C) namun lama-nya waktu fermentasi tergantung pada suhu ruang. 
3. Suhu dan kelembaban : Suhu ideal untuk fermentasi roti berkisar antara 30° - 40° Celcius dengan kelembaban 75% - 80%. Saat fermentasi sebaiknya ditutup dengan lap basah agar kelembabannya tetap terjaga dan agar adonan tidak kering dan keras.

 


Comments




Leave a Reply